Kelurahan AlasTuwo Diam - diam Punya Prestasi dan Potensi Wisata yang Perlu Dikembangkan - .

Breaking

Cari Berita

Selasa, November 17, 2020

Kelurahan AlasTuwo Diam - diam Punya Prestasi dan Potensi Wisata yang Perlu Dikembangkan

                       Harsono,Lurah Alastuwo,Poncol,Magetan


AENEWS9.COM cMAGETAN- Kelurahan Alas Tuwo yang berada di Kecamatan Poncol Magetan memiliki potensi dan prestasi yang  membanggakan sekaligus perlu dikembangkan.Dalam hal prestasi Kelurahan Alas Tuwo beberapa kali meraih piagam penghargaan atas dedikasi pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan( PBB) sebelum jatuh tempo yang semestinya berakhir pada bulan September setiap tahunnya, namun sudah terlunasi pada bulan sebelumnya.

Selain prestasi tersebut diatas  Kelurahan Alas Tuwo juga memiliki potensi perkebunan kopi yang bisa dikembangkan menjadi  ekowisata kopi.

Kepala Kelurahan Alastuwo, Harsono mengatakan, pelunasan PBB sebelum masa akhir pembayaran itu sudah sering dilakukan terutama di bawah kepemimpinannya yang sudah 5 tahun ini.

“Untuk pelunasan PBB harusnya sampai akhir bulan Septembar tapi Kelurahan Alastuwo itu seringkali di bulan Mei sudah lunas,” terang Harsono.

Dan karena prestasi tersebut, Kelurahan Alastuwo pun juga mendapat piagam penghargaan dari Pemkab Magetan.

Sementara untuk potensi yang patut dibanggakan lainnya di Kelurahan Alastuwo ini adalah adanya kebun kopi. Menurut Harsono, sebagian besar lahan di Alastuwo banyak ditanami pohon kopi dengan berbagai jenis. Dan hingga kini dari luasan 10 ribu hektar di Gunung Tambal sudah ada sekitar 1500 pohon kopi yang berbuah.

“Lahan di sini banyak ditanami kopi, dan dari luasan sekitar 10 ribu hektar kebun kopi milik masyarakat di Gunung Tambal itu saat ini yang sudah berbuah sekitar 1500 pohon,” pungkas Harsono.

Melihat potensi tersebut, lebih jauh Harsono merencanakan ingin membuat destinasi wisata di area kebun kopi tersebut. “Rencananya kita akan membuat destinasi wisata di kebun kopi,” tambahnya.

Untuk diketahui, Alastuwo merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, Alastuwo masih memiliki hutan yang cukup luas dan hutan yang ada di daerah ini adalah hutan Pinus.(Ng)