Dukung Sinergitas Poktan dan Petani Milenial Dinas Pertanian dan Perikanan Gelar Saresehan Bersama - .

Breaking

Cari Berita

Selasa, Juli 16, 2024

Dukung Sinergitas Poktan dan Petani Milenial Dinas Pertanian dan Perikanan Gelar Saresehan Bersama


KLIKAENEWS.COM,MADIUN- Guna menciptakan sistem pertanian yang tangguh,serta sinergitas Kelompok tani dan petani Milenial dalam mengembangkan inovasi sebagai upaya meningkatkan hasil  produksi pangan.

Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Pertanian  dan Perikanan gelar sarasehan bersama Forkopimda, Kelompok Tani dan Petani Milenial di Pendopo Muda Graha Madiun, Selasa (16/7/2024).


Pejabat  (PJ) Bupati Madiun, Ir. Tontro Pahlawanto mengatakan  bahwa pemerintah Daerah berkomitmen untuk menjaga ketahanan pangan, maka eksistensi pertanian perlu adanya arahan dari Forum Komunikasi Daerah ( Forkopimda). 


"Dalam sarasehan ini banyak hal telah tersampaikan dan mendapat arahan langsung dari forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Luas area tanah kita terbatas dan tidak bertambah, maka Para Petani Milenial dan kelompok tani perlu inovasi untuk meningkatkan produktivitas baik holtikultura maupun tanaman pangan," ungkapnya.


Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Madiun Sumanto mengatakan bahwa saat ini kebutuhan pupuk bersubsidi tidak bisa terpenuhi seratus persen. Pupuk Urea hanya 92 persen dari kebutuhan, kemudian Pupuk NPK 62,5 persen. Adapun yang tercukupi seratus persen hanya untuk kakau, dan pupuk organik pada enam Kecamatan.


Lebih lanjut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun mengatakan untuk menutupi kekurangan  pupuk, perlu adanya sinergitas dari Pemkab, Forkopimda dan petani. Produksi pupuk organik dengan swakelola bersama kelompok masing masing akan lebih efektif. 


Dikatakan pula ketersediaan air di Kabupaten Madiun masih cukup untuk tiga musim panen ke depan. Selain itu, Pemkab Madiun menggalakkan tanam secara serentak dan melakukan pembasmian hama tikus dengan cara gropyoan.