Wisatawan Asing Terpesona Festival Rontek Pacitan 2024 - .

Breaking

Cari Berita

Kamis, Juli 18, 2024

Wisatawan Asing Terpesona Festival Rontek Pacitan 2024


KLIKAENEWS.COM
,Pacitan - Malam kedua Gelaran Festival Ronthek Pacitan (FRP) 2024  semakin memukau. Enam penampil dari berbagai kecamatan dan pelajar menampilkan kebolehan mereka, menghibur masyarakat yang hadir langsung di acara yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 ini.


FRP 2024 mulai menarik perhatian masyarakat luas, bahkan hingga mancanegara. Salah satunya adalah Dave dari Oregon, Amerika Serikat, yang sangat menikmati pertunjukan seni rontek dari tribun undangan. Ketika diminta memberikan testimoni, Dave menyatakan antusiasmenya terhadap FRP dan sengaja datang ke Pacitan untuk menyaksikan seni perkusi bambu tersebut secara langsung. "Ini sangat luar biasa dan saya menikmati sekali dan akan saya ceritakan nanti kepada kawan-kawan di AS," ujarnya melalui penerjemah.


FRP merupakan acara tahunan yang terus mengalami perbaikan. Terbukti, dalam dua tahun terakhir, FRP masuk dalam daftar KEN. Melalui FRP, diharapkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif dapat berkembang, serta seni ronthek semakin dikenal di tingkat nasional bahkan internasional.


Malam kedua FRP 2024 dibuka dengan penampilan seni calung kontemporer dari Banyumas yang atraktif. Enam grup Ronthek yang tampil malam itu adalah Ronthek MKKS SMKN Pacitan, Ronthek Selendang Sutra Ungu dari SMP se-eks Kawedanan Lorok, Ronthek Tengoro Bumi Kecamatan Ngadirojo, Ronthek Laskar Tawangalun Kecamatan Donorojo, Ronthek Gundala Sasra Kecamatan Kebonagung, dan seni Ronthek Serdadu Tirto Sembada dari Kecamatan Arjosari.